Perawatan Bayi Kucing Yang Baru Lahir

Setelah melahirkan anak anaknya, induk kucing membutuhkan nutrisi yang lebih untuk dapat memproduksi air susu dalam jumlah yang cukup . Bayi kucing harus mendapatkan ASI (Air Susu Induk) pertama yang disebut “colustrum” dalam waktu dua jam setelah lahir, didalam colustrum ini terdapat antibodi atau zat kebal yang akan melindungi anak kucing dari berbagai macam penyakit selama 6 – 8 minggu usianya. Hal ini pula yang menyebabkan dokter hewan biasanya memberikan vaksinasi setelah usia anak kucing mencapai 8 minggu.

Seperti juga induknya, bayi kucing yang baru lahir harus mendapat perhatian khusus. Ketika lahir berat bayi kucing berkisar antara 90gr – 110 gram, apabila memungkinkan anak kucing ditimbang secara rutin. Apabila nutrisi yang induknya tercukupi maka bayi kucing akan bertambah berat badannya secara teratur, pertambahan berat badan bayi kucing selama 2 minggu pertama berkisar antara 10gr – 15 gr perhari. Pastikan areal bayi kucing selalu hangat ( lebih kurang 26 – 30 derajat celcius).

Bayi kucing yang baru lahir belum bisa melihat dan mendengar, akan tetapi indra penciumannya sudah berfungsi – sehingga mereka dapat menemukan putting susu induknya, pada keadaan normal – bayi akan menyusu setiap 2 jam sekali dan akan tidur diantara waktu menyusu. Sampai umur 4 minggu, bayi kucing belum memerlukan makanan tambahan. Apabila sang bayi kurang mendapat asupan nutrisi dari induknya – maka dia akan menangis dan terus mencari putting susu induknya.

Bayi kucing ini juga belum bisa buang air besar maupun kecil, sehingga sang induk harus menjilat jilat pantatnya untuk merangsang keluarnya kencing maupun tinja. Apabila merawat kucing piatu (yang tidak ditunggui induknya), penting sekali peran kita untuk menggantikan peran induk kucing dengan cara memijat mijat dengan kain bersih dan hangat pada bagian sekitar anusnya. Kegagalan bayi kucing untuk buang air bisa mengakibatkan kematian.

Pada beberapa hari pertama setelah lahir, bayi kucing hanya tidur dan menyusu saja. Kelopak matanya belum akan terbuka sampai sekitar 10 -11 hari. Pada beberapa keadaan salah satu atau kedua kelopak mata tidak terbuka setelah 11 hari, hal ini bisa disebabkan beberapa hal ,misalnya: kelopak mata terkena cakaran bayi kucing yang lain secara tidak sengaja ketika mereka merangkak untuk menyusu, atau induk kucing menjilat pantat bayi kucing yang baru buang air sebelum menjilat kelopak mata bayi kucing – sehingga menempel kotoran pada kelopak matanya.

Apabila terdapat kerak atau kotoran pada kelopak mata kucing yang tidak terbuka, bantulah membersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan kasa (bukan kapas) yang dibasahi air hangat dan di pijat pijatkan pada bagian mata yang belum terbuka. Lakukan hal ini dua kali sehari selama beberapa hari, paerlu diingat hal ini tidak serta merta membuat kelopak mata langsung terbuka akan tetapi akan membantu melunakkan kotoran yang ada.

Usuhakan tempat sekitar bayi kucing selalu bersih dan bebas dari gangguan hewan lain, termasuk kucing lain.

catatan:
photo by zelen/CC BY-NC-ND 2.0 

12 tanggapan untuk “Perawatan Bayi Kucing Yang Baru Lahir

  1. Salam hangat dokter.
    Syaa pnya 4 ekor kitten dapat dr jalan d buang majikannya. Keadaan pusat msih agak memerah dan berbentuk bulat besar. Awal datang sya gak ngerti gimna merawatnya. Saya kasih minum susu sacet bl d warung. Kitten BAB encer bgt sampe nyembur gtu, ada beberapa yg padat kaya jely. Ada yg bilang gk cocok susunya. Trus saya gnti sma susu kitten, trus sya pijat” perut dan anusnya tapi gk mau pup, malah pipis terus satu hari ini blm pup.. Gimana ya dok, knpa ya ?

    Suka

    1. Salam hangat juga ibu Ayu,

      Ibu bisa bantu merangsang keluarnya BAB dengan cara menutul nutul anusnya dengan kain yang dilembabkan dengan air hangat, lukakukan berkali kali dalam sehari (ini merupakan upaya meniru induk yang suka menjilt jilat pantat anaknya). Jika ada kucing lain yang sedang menyusui, bisa dititipkan (disusukan) ke kucing yang sedang menyusui.

      Suka

  2. Salam kenal dokter..
    Saya mau bertanya, kucing saya umur 18bulan kmren baru melahirkan perutnya sangat besar tp hanya keluar 1 kitten dan ukurannya tidak terlalu besar.. Nah saat saya meraba ada 2 benjolan seperti bola di area dket kandung kemih yang bergerak naik turun dan berputar,, sayangnya setelah jarak 2hari dri kelahiran kitten yang pertama tidak ada lg tanda2 kontraksi melahirkan lagi dok,, bagaimana menurut dokter? Apakah mungkin memang cuma 1 anaknya?lalu jika iya apa benjolan yang berhasil saya raba itu yang bergrak berputar2 di area perut bawah? Apakah mungkin ada akan ada prbedaan waktu kelahiran yang selama ini jika memang didalam itu msih ada janin?

    Suka

    1. Salam kenal juga mas Doni

      Saya menjumpai beberapa kejadian kucing melahirkan hanya satu anak saja, adapun bentukan seperti bola yang dirasakan sewaktu diraba belum tentu juga itu adalah anak kucing yang masih di perut ( feses atau kotoran kucing terkadang bisa teraba seperti itu). Secara umum patokan yang saya pakai adalah : jika kucingnya masih mau makan minum, rileks dan dari lobang kelaminnya tidak mengeluarkan cairan yang aneh atau berbau – maka tidak perlu dikhawatirkan.

      Suka

  3. Selamat malam dok saya mau tanya kucing saya umur 3 minggu kalau menyusu pasti sedikit dan tubuhnya sedikit lemas tidak seperti saudaranya yg lain dan waktu lahir salah satu matanya membuka itu kenapa ya dok?

    Suka

    1. Selamat malam, terkadang memang ada satu kucing yang lebih lemah daripada lainnya – bisa jadi dia tidak normal sejak sebelum lahir. Penyebab ketidak normalan ya sendiri bisa bermacam macam, seperti kelainan genetis,dll.

      Suka

  4. Selamat pagi dok, saya punya kuving baru lahiran sekitar 10hari, dari indukan janatan peaknose betina domestik, ada 7 bayi yang lahir, 3 anak terakhir jarang dibawa indukan untuk bersembunyi (diluar tempat yg sy kasi),apakah insting indukan krn anaknya yang 3 gak bisa bertahan?dan anak yg terakhir brlum bisa buka mata fan ada seperti nanah di sekitar mata, mohon info bagaimana menanganinya dok.

    Suka

    1. Kita tidak bisa mengetahui dengan pasti apa yang dirasakan induknya sehingga lebih baik fokus pada hal hal yang bisa kita lakukan.

      Kita bisa bantu induknya dengan membersihkan kotoran di matanya dengan cara menempelkan kasa yang sudah dilembabkan dengan air hangat.

      jika masih berkelanjutan dan makin parah sebaiknya dibawa ke dokter hewan terdekat untuk menentukan perlu tidaknya pengobatan.

      Suka

  5. Selamat malam dokter,,

    Kemarin sore kucing liar melahirkan dirumah saya,, lalu karena terlihat kepayahan akhirnya kami sediakan tempat dan makanan untuk induk kucing, sampai dengan siang hari berikutnya induk kucing masih mengurus anak2nya,, tapi kemudian pergi sampai malam belum juga kembali… Bagaimana ya dok sebaiknya untuk anak2nya,, saya khawatir mereka tidak bisa bertahan sampai besok paginya

    Suka

    1. Selamat pagi

      Sediakan tempat yang bersih dan hangat untuk mereka (jika perlu diberi pemanas lampu), apabila induknya tidak kembali usahakan mencari induk pengganti terlebih dahulu dan jika terpaksa tidak ada induk pengganti maka harus diberi susu pengganti.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.