Tanda Tanda Kucing Melahirkan Secara Tidak Normal

Pada keadaan normal kucing biasanya tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan, namun pada keadaan tertentu mungkin dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk kucing maupun anak kucing yang akan dilahirkan.Kesulitan melahirkan ini biasa disebut sebagai distokia dan menurut penyebabnya distokia bisa digolongkan ke dalam dua golongan : sebab maternal dimana problem berasal dari induknya  dan sebab fetal dimana problem berasal dari anaknya.

20150317_5DM2_0612
Biasanya kucing tidak perlu dibantu ketika melahirkan anaknya

Sebab maternal dikarenakan : panggul yang sempit, anatomi panggul abnormal, atau kelemahan uterus untuk berkontraksi (inertia uterina).Adapun inertia uterina bisa bersifat primer atau sekunder. Pada inertia primer dimana uterus tidak berkontraksi atau kontraksinya lemah dan inertia sekunder uterus berkontraksi pada awalnya kuat tapi kemudian melemah, keadaan ini bisa terjadi pada proses kelahiran tahap kedua yang terlalu lama.

Distokia sebab fetal dikarenakan : fetus yang terlalu besar, abnormal anatomi, kepala terlalu besar (biasa pada brcahyceplaic seperti persia), malformasi fetus dan kematian fetus.

Secara normal proses kelahiran normal biasa dibagi menjadi tiga tahapan sebagai berikut:

Pada tahapan pertama, kucing biasanya nampak terengah engah didalam sarangnya (kotak melahirkan) namun tidak nampak mengejan, denyut jantung dan pernafasannya menjadi cepat. Pada tahap ini janin kucing akan berpindah dari rahim ke mulut rahim. Proses ini bisa berlangsung sampai 12 jam. Apabila tahap ini berlangsung terlalu lama (lebih dari 24 jam), sebaiknya hubungi dokter hewan terdekat.

Tahapan kedua ditandai dengan kontraksi otot perut untuk mengeluarkan janin. Selaput ketuban yang membungkus masing masing janin akan pecah menyebabkan keluarnya cairan ketuban dari vulva ( kelamin), sehingga merangsang induk untuk menjilat cairan tersebut. Proses menjilati ini akan mendorong keluarnya hormon yang mempermudah proses kelahiran. Pada saat janin memasuki daerah panggul, sang induk akan mencari posisi yang nyaman ( bisa berdiri atau berbaring pada satu sisi). Pada saat kepala janin mulai keluar, biasanya kucing akan mengejan satu atau dua kali untuk mengeluarkan bayi nya. Pada kurang lebih 50% dari proses kelahiran,   anak kucing lahir dengan kepala keluar terlebih dahulu sedangkan sisanya – kakinya keluar terlebih dahulu. Proses melahirkan tiap anak berlangsung selama 10 sampai 30 menit.

Induk akan menjilati kantong ketuban supaya sang anak yang baru lahir bisa bernafas, apabila induk tidak segera melakukannya, kita bisa membantunya melepaskan kantung ketuban tersebut. Induk kemudian akan memakan kantung ketuban tersebut dan juga memotong tali pusar dengan cara menggigitnya. Apabila induk tidak bisa memotong tali pusarnya sendiri maka lakukan pemotongan dengan cara berikut: cuci bersih tangan dengan larutan antiseptik, ikat tali pusar lebih kurang 3 cm dari perut anak kucing menggunakan dental floss, potong dengan gunting yang sudah dibersihkan dengan desinfektan, potong dan rapikan sisa dental floss dan olesi dengan larutan antiseptik (missal iodine atau betadine). Tali pusar ini akan mengering sendiri setelah 3 – 4 hari.

Tahapan ketiga ditandai dengan keluarnya plasenta setelah anak kucing keluar. Amati jumlah plasenta yang keluar harus sama dengan jumlah anak yang dikeluarkan. Apabila dalam waktu enam jam setelah anak keluar plasenta belum juga keluar, maka perlu segera meminta pertolongan dokter hewan (perlu diingat, induk secara naluriah memakan plasenta dalam upaya menghilangkan jejak dan melindungi anak yang baru lahir). Adalah hal yang wajar keluar cairan berwarna coklat kemerahan dari kelamin induk (bisa sampai 3 minggu), menjadi abnormal apabila yang keluar berwarna kehijauan dan berbau busuk.

Tergantung dari individu kucing dan jumlah anak yang dilahirkannya, interval waktu antar anak kucing yang lahir bisa 10 – 60 menit dan tahapan satu dan dua akan diulang sampai seluruh anak keluar. Keseluruhan proses melahirkan ini bisa berlangsung 2 sampi 6 jam setelah tahapan kedua dimulai.

Tanda tanda distokia:

  1. Kebuntingan lebih dari 70 hari
  2. Tahapan Pertama berlangsung lebih dari 24 jam
  3. Mengejan hebat lebih dari 30 menit tanpa melahirkan
  4. Jarak antar kelahiran lebih dari 2 jam
  5. Temperature rektal diatas 39°C
  6. Induk menjerit kesakitan dan terus menjilati kelaminnya
  7. Apabila fetus sudah terlihat di saluran kelahiran dan mengejan 10 menit
  8. Induk terlihat depresi
  9. Adanya leleran  cairan bercampur darah dan berbau busuk sebelum keluarnya anak pertama atau antar kelahiran anak.
  10. Tidak muncul refleks ferguson dimana ketika dirangsang pada bagian atas vagina tidak ada respon, hal ini menunjukkan adanya inertia uterina atau rahim tidak mampu berkontraksi.

Jika nampak salah satu atu lebih gejala diatas, besar kemungkinan kucing mengalami distokia. Beberapa faktor bisa menjadi pemicu adanya distokia : umur, jenis Brachycephalic (kepala pendek), jenis kucing ( kucing jenis Himalaya dan Persia lebih sering mengalami distokia), kegemukan,perubahan lingkungan mendadak sebelum persalinan, sejarah sebelumnya pernah distokia

Induk kucing terkadang berhenti mengejan dan kemudian merawat anak yang sudah dilahirkan ( membersihkan dan merawat) hal ini dikenal sebagai interrupted labor ( jeda bersalin), selama jeda ini  sang induk mungkin juga mau makan apabila diberi makanan dan nampak seperti sudah selesai melahirkan- lama jeda ini bisa berlangsung 24 – 36 jam.

Apabila ada indikasi induk kucing mengalami distokia, sangat dianjurkan untuk segera menghubungi dokter hewan terdekat, sampaikan informasi selengkap mungkin hal hal yang berkaitan dengan induk kucing dan kehamilan seperti: usia kehamilan, riwayat kelahiran sebelumnya, waktu mulai proses kelahiran, dll. Berdasar riwayat kucing dan pemeriksaan fisik, dokter hewan akan menentukan tindakan yang diperlukan. Apabila terdapat indikasi uterus lemah, kemungkinan sang induk perlu mendapatkan stimulasi dengan obat. Namun stimulasi obat tidak boleh diberikan apabila terdapat indikasi obstruksi aau hambatan dalam pengeluaran fetus karena stimulasi obat akan merangsang pemisahan plasenta dan menyebabkan kematian.

Manipulasi dengan jari bisa dilakukan untuk membetulkan posisi fetus yang tidak tepat. Apabila keadaan sangatlah buruk misalnya fetus tidak bisa dikeluarkan setelah lebih dari 30 menit, kemungkinan harus dilakukan operasi sesar terhadap sang induk.

98 tanggapan untuk “Tanda Tanda Kucing Melahirkan Secara Tidak Normal

  1. Dok, apakah bayi kucing yg tertunda atau yang masih tertinggal dalam kandungan saat proses persalinan masih berkemungkinan lahir normal dan bayinya hidup? Apakah itu masih bisa dikelompokkan sebagai interrupted labour? Jika induk kucing tidak menunjukkan tanda-tanda normal (msh mau makan). Karena induk kucing saya sudah mmelahirkan 4 ekor anak yg salah satunya masih premature (belum ada bulu dan mati sesaat setelah lahir) dan 3 anak setelah kelahiran bayi premature tersebut sehat dan cukup umur. Terima kasih dokter

    Suka

  2. Dok saya mau tanya, kucing saya melahirkan dalam fase pertama melahirkan kucing saya mengeluarkan 4anak dengan perbedaan waktu 10menit setiap kitten. Setelah itu dia masih terengah2 tapi masih mau makan dan minum sih dan bahkan sempat buang air kecil, kira kira itu normal nggak dok? Saya baru pertama kali nanganin kucing melahirkan. Apa kira kira kucing saya masih akan melahirkan lagi? Sampai saya menanyakan ini kira kira sudah 10jam dia terengah2

    Suka

    1. Hai Arsi,

      Kucing terengah engah setelah melahirkan adalah normal,namun tidak normal jika dia mengejan terus menerus selama beberapa jam.

      Melihat kucingnya Arsi maaih mau makan dan minum dan tidak nampak kesakitan (sepanjang yang saya tangkap dari penjelasan Arsi), ini adalah normal.

      Walaupun mungkin masih ada lagi anak yang keluar, tapi menurut saya – kecil kemungkinannya.

      Suka

  3. Oh iya dok, saya raba perutnya masih agak buncit dan berasa seperti masih ada anak kucing yang didalam, tapi kucing saya tidak mengejan hanya terengah engah saja. Normalnya berapa lama ya dok kalo terengah engah pasca melahirkan? Karena sampai sekarang kucing saya masih terengah2, kalau sekiranya tidak normal akan saya bawa ke vet.

    Suka

    1. Biasanya jarak antar anak tidak lebih dari 3 jam, walaupun ada yang bisa sampai 24 jam, namun kalau kucingnya nampak rileks dan enjoy – biasanya tidak perlu terlalu khawatir.

      Kalau memang bisa dibawa ke dokter itu lebih baik, buat saya lebih baik kita over estimate dari pada under estimate.

      Suka

  4. dok, kucing saya beranak untuk kedua kalinya, nah saya khawatir kenapa” sama dia, saya lihat dia semacam ngeluarkan sesuatu dari vulvanya, saya pikir itu anaknya, tapi bukan, dan malah dia makan.
    Apa memungkinkan kalo rahimnya mati lalu induknya memakannya? Karena dia sering pendarahan terus, terngah sesekali, dan akhir” ini lebih sering meowing, saya belum bawa dia ke vet selama 2/3 minggu, makanan teratur diberi sama saya, apa itu ngga apa”kah pendarahan berlebihan di vulvanya? Terima kasih dok, mohon bantuannya.

    Suka

    1. @Ika

      Setelah bayi kucing keluar, memang akan disusul keluar plasentanya dan ini yang biasanya dimakan oleh induknya, namun jika ada perdarahan terus menerus kemungkinan ada yang tidak normal dengan rahimnya. Secepatnya dibawa ke dokter.

      Salam

      Suka

  5. Dok kucing saya himalayan sudah waktunya melahirkan dr jam 12 siang udah keluar lendir dan darah tp smpai jjam 8 mlam blum kluar anaknya
    Ditambah posisi induk flu gg bisa keluar suaranya
    Kira” itu normal atau bagaimana dok ?
    Kucingnya hanya berbaring diam

    Suka

    1. @Ruri

      Maaf baru baca komentarnya & semoga kucingnya sudah membaik

      Dari gambaran yang diberikan, nampaknya kucing Ruri mengalami depresi ( dia diam saja) dan pada keadaan seperti ini saya lebih cenderung mengatakan ini tidak normal dan bawalah ke dokter hewan segera (lebih baik over estimate dari pada underestimate).

      Suka

  6. dok mau tanya kucing saya melahirkan 2 kitten yg ukurannya sangat kecil dan tidak mau menyusui. terlihat sangat lemah. sebelumnya sempat usg kata drhnya ada 3 kitten, tp yg lahir ini cuma 2 pdhl sudah lebih dr 6 jam tidak ada tanda2 kitten terakhir. apakah kemungkinan kitten itu mati didalam ya dok? terima kasih dok.

    Suka

  7. Dok mau tanya dok, kucing saya melahirkan 6 anak namun jarak anak ke 5 sama ke 6 lahiran 12 jam, apakah itu normal ? Dan perut kucing saya masih terlihat besar ? Bagaimana mengetahui anak kucing telah lahir semua ? Terima kasih banyak dok

    Suka

    1. @Deza

      Maaf baru balas karena komentar Deza terdeteksi sebagai spam oleh wordpress (mungkin karena alamat emailnya tertulis 2 kali).
      Jarak kelahiran 12 jam termasuk tidak normal walaupun ada juga yang melahirkan dengan selang 24 jam. Yang paling memungkinkan untuk mengetahui adanya anak yang masih tertinggal adalah dengan melihat bentuk tubuh (perut) dan dengan hati hati meraba perutnya.

      Suka

  8. Izin nanya pak dokter. Kira2 faktor apa saja yang mempengaruhi kucing betina hingga ia hanya melahirkan 1 ekor anak saja? Dan apakah hal ini juga ada hubungannya dengan si pejantan yg mengawini kucing betina tersebut?
    Terima kasih atas jawabannya pak dokter.

    Suka

    1. @Monny

      Pada kucing betina,ovum (sel telur) hanya dikeluarkan setelah terjadi kopulasi dengan pejantan.Setiap kali kopulasi jumlah sel telur yang dikeluarkan bisa satu atau lebih. Jika hanya satu sel telur yang dikeluarkan maka janin yang dihasilkan juga hanya satu ekor.

      Faktor yang mempengaruhi jumlah sel telur yang dihasilkan setiap kali kopulasi diantaranya kondisi kesehatan induk, stress, dan tentu saja genetik si kucing betina.

      Adalah hal yang biasa ketika seekor betina di kawini berkali kali dalam satu masa birahi.

      Pada kucingnya monny,apakah juga kawin berkali kali pada saat birahi?

      Suka

  9. Dok mohon jawab yaa saya butuh bantuan bgt. Jadi beberapa hari (belum sampai seminggu) yang lalu, si kucing melahirkan terus 5 hari kemudian perutnya masih juga besar tpi gak besar banget. Tp saya takutnya masih ada bayi yang tertinggal. Apa kah setelah melahirkan perutnya masih besar? Lalu kapan mengempis perutnya? Mohon bantuannya ya dok saya khawatir ama kucing saya terima kasihh

    Suka

    1. @najda

      Setelah melahirkan tidak serta merta perutnya langsung kembali seperti semula.Jadi kalau najda merasa perutnya masih besar – mungkin itu normal saja.

      Memang ada kemungkinan ada anak yang masih tertinggal didalam karena mati sebelum lahir atau plasenta (ari ari) yang belum keluar sehingga perutnya nampak besar-tapi jika terjadi hal ini maka sang induk tidak akan nampak normal (nampak lesu, demam,dll) sehingga jika sekarang kucingnya nampak biasa saja – kemungkinan masih dalam batas normal.

      Sepengetahuan saya induk kucing akan langsung mengecil perutnya setelah melahirkan, namun memang tidak langsung kembali seperti semula sebelum melahirkan.

      Jika dirasa aneh dan ragu ragu, dibawa saja ke dokter untuk diperiksa.

      Suka

  10. Dok mau tanya kucing saya tanggal 18 maret melahirkan 5 bayi (skrg tgl 30), tp abis melahirkan 5 saya sentuh perutnya kaya masih ada bayinya, tp sampe skrg masih blm keluar juga, tpi kadang d perutnya gumpal kadang nggak, itu mungkin gak ya masih ada bayinya beneran? Kucing saya makannya juga masih lahap, kadang perutnya juga bunyi ‘krucuk’ gt dok. Mohon d jawab dok, saya takut sma keadaan kucing saya

    Suka

    1. @Ebid
      Jika kucing masih mau makan dan minum itu pertanda baik. Adapun bunyi pada perut, secara normal memang ada pergerakan usus (peristaltik) yang menyebabkan terdengar bunyi krucuk.Jika masih ada anak di dalam (atau anak yang tertinggal) sepengetahuan saya kucingnya dalam jangka waktu yang lama akan bertingkah tidak normal bahkan seringkali disertai demam.

      Selain makan dan minumnya,diperhatikan juga pupnya – apakah masih normal baik frekuensi maupun bentuknya, bisa jadi yang dimaksud Ebid sebagai gumpalan adalah kotoran yang belum dikeluarkan.

      Suka

  11. Siang dok, kucing saya mau melahirkan tapi udh 3 hari ini belum bisa melahirkan padahal 2 hari yang lalu ketubannya sudah pecah dan ini baru pertama kali dia mau melahirkan. Sekarang dia mengeluarkan cairan seperti darah, dan kucing saya tidak mau makan apalagi di daerah saya tidak ada dokter hewan, gimana solusi nya dok? Trims

    Suka

    1. Selamat siang Meri,

      Kucingnya Meri mengalami distokia (kesulitan melahirkan),saya tidak bisa memberi saran penanganan di rumah karena harus dibawa ke dokter.

      Tanyakan di Dinas peternakan dimana bisa menghubungi dokter hewan. Jika jauh dari kabupaten/kota bisa ke kantor kecamatan untuk menghubungi petugas dinas peternakan yang ada di kecamatan Meri –

      Suka

  12. Pagi pak, gini jadi anak kucing saya baru lahir, anak yg ke lima ini masih dalam ketuban dan selaput tapi dia tidak bernafas pas dan ibunya seperti tidak memperdulikannya kenapa ya?

    Suka

    1. Selamat pagi Hanny,

      Ada mekanisme yang tidak dipahami benar cara kerjanya, induk kucing sepertinya punya naluri ketika ada anak yang diperkirakan tidak bisa bertahan hidup – dia akan tidak perdulikan dan lebih fokus pada anak anak yang akan bertahan serta lebih sehat

      Suka

  13. Selamat malam.. sy mau tanya kucing sy td siang melahirkan 5 ekor..dan setelah itu kucing sy mau makan dan minum dan terlihat normal. Malam ini tiba2 kucing sy nafasnya terengah2 dan mulutnya mangap2 seperti dehidrasi, namun msh tetap menyusui. Apakah itu sesuatu yang wajar?

    Suka

    1. Selamat malam Niken,

      Menurut saya itu tidak wajar, namun bukan berarti pasti “berbahaya”. Mungkin dia kelelahan atau memerlukan lebih banyak minum.

      Pada dasarnya selagi dia masih mau makan dan minum – tidak perlu terlalu khawatir. Namum jika dia terus menerus menunjukkan gejala megap megap – sebaiknya diperiksa dokter.

      Suka

  14. Selamat malam..jd tdi sore pkul setengah 4an kucing saya lahiran tpi saya tidak mengetahuinya dan setelah pukul 4 bru sya mengetahuinya..dan saya langsung menempatkan anak kucingnya dan induknya didlm kardus,ttapi smpai sekrng blm juga melahirkan lagi pdhl udh beberapa jam..ini mengapa ya?..makasih

    Suka

    1. Selamat sore Sasmita
      Maaf baru baca komentarnya, mungkin sudah terlambat untuk menjawab dan tidak relevan lagi.Namun saya akan berterima kasih sekali jika pengalamannya bisa di sharing disini..

      Suka

  15. kucing saya melahirkan kemarin pagi hari anaknya 5 tp anak yg ketiga ari arinya ketinggalan di rahim trs anak yg keempat jd susah keluar dan butuh waktu lama sampai induknya kesakitan. tp hbs anak keempat keluar ari2 anak ke tiga juga keluar walaupun dibantu sedikit. nah trs hari ini kucing saya vagina nya keluar darah dan badannya lemes itu knp ya?

    Suka

    1. @Rahma
      Jika keluar darahnya sedikit, tidak masalah tapi jika terus menerus keluar maka artinya ada luka di saluran reproduksinya.

      Jumlah ari ari yang keluar seharunya harus sama dengan jumlah anak yang keluar, jika ada yang tertinggal harusnya dikeluarkan (oleh dokter)

      Suka

  16. Dokter kucing saya lahiran baru satu , cuma masih menempel , brp lama itu menempelnya ? Apa tdk bahaya buat si induk dan anaknya.. Trims

    Suka

    1. @Dewi
      Maaf baru balas pertanyaan sekarang, semoga kucingnya sudah selesai melahirkan dengan normal.

      Proses kelahiran normal biasanya hanya berlangsung 10-30 menit,jika lebih lama dari itu biasanya perlu bantuan.

      Suka

  17. Dok, kucing saya habis mengalami keguguran. Janin yang keluar tidak terbentuk sempurna. Bekas air ketuban yang ada di kucing mengeluarkan bau yang menyengat walau sudah saya bersihkan kandang nya. Saya ingin memandikan si kucing tetapi saya tidak berani, khawatir jika masih sedikit luka atau nanti malah akan memperparah kondisi kucing. Apakah kondisi seperti itu normal dan bagaimana cara Mengatasi Bau air ketubannya agar tidak berbau menyengat lagi? Terima kasih dok,.

    Suka

    1. Kemungkinan besar bukan operasi, tapi maaf saya tidak bisa memberi saran pengobatan tanpa melihat langsung kondisi kucingnya, apa yang saya tulis dalam blog ini – harap dianggap sebagai tambahan informasi namun bukan pengganti kunjungan ke dokter hewan

      Suka

  18. Selamat sore. Dok, kucing saya melahirkan hari minggu kemarin. Setelah selesai melahirkan, ternyata ada satu anak yang sepertinya mati. Ada bagian yang melekat di hidung bayi kucing itu. Induknya malah diam saja. Saya tunggu, ternyata memang benar benar mati. Hari esoknya, induk kucing itu sudah menjadi seperti biasa. Tetapi saya melihat perutnya masing besar seperti masih mengandung anak. Apa kira kira yang telah terjadi pada induk kucing tersebut? Bagaimana menanganinya? Terima kasih..

    Suka

    1. Selamat sore,

      Jika yang dimaksud Annisa baru melahirkan satu anak, maka kemungkinan masih ada anak yang belum keluar.

      Jika dia masih nampak normal dan masih mau makan minum seperti biasa,biarkan saja proses alami berjalan. Akan trtapi jika nampak ada tanda tanda dia kesulitan melahirkan, baru dibawa kedokter.

      Suka

  19. Maaf dok kucing saya kan pernah saya suntik KB di dokter hewan lalu tidak dianjurkan utk mengulangi suntikan ke dua kali, lalu tdk sata lanjutkan, 3bln kemudian dia birahi dan selalu mengikuti kucing jantan dekat rmh saya, tapi sy tdk tau sudah kawin apa blm karna besoknya saya masukan kandang supaya mencegah dia kawin, dok apa bs pengaruh tdk suntik KB dengan kelahiran yg tidak normal seperti artikel diatas? Walaupun sudah tidak pernah saya suntik Kb lg sampai dia birahi skrg

    Suka

    1. Penyuntikan satu kali tidak akan menyebabkan kelahiran yang tidak normal, namun penyuntikan berkali kali berpotensi menyebabkan Pyometra. Jika memang tidak menghendaki kucingnya hamil lagi – sebaiknya disterilisasi saja.

      Suka

      1. Cara mengetahui kucing sudah berhasil kawin apa tdk gmn ya dok? Kucing saya masih terus mengeong keras sekali dgn suara yg berat dan berguling2 daritadi, brapa hari dok biasanya siklus birahi kucing?

        Suka

  20. Kucing saya lagi hamil yg dimana kondisi perut sudah agak membesar, tapi dia berantem dgn kucing domestik yg menyebabkan bengkak di bagian punggung serta sedikit luka cakar sehingga tdk mau makan minum, yg saya mau tanyakan apakah bayi yg didalam perut akan mati krn hantaman sewaktu si induk berantem? Dan jika memang apesnya mati, apakah hanya Caesar Utk mengeluarkan bayi kucingnya?. Terimakasih

    Suka

    1. Kucing berkelahi biasanya bukan saling memukul tapi saling mencakar atau menggigit. Jadi kalau sekarang kucingnya Laila tidak mau makan, itu mungkin karena infeksi yang muncul setelah ada luka akibat berkelahi,ditambah lagi dia stress.

      Sebaiknya dibawa ke dokter supaya supaya mendapat pengobatan dulu untuk lukanya.

      Tergantung ukuran janinnya, tidak harus di caesar.
      m

      Suka

    2. Kalau tidak mau makan itu mungkin karena ada infeksi dan juga stress setelah berkelahi dan digigit atau dicakar lawannya.

      Belum tentu janinnya mati akibat berkelahi jadi sebaiknya dibawa saja ke dokter untuk mendapat pengobatan atas luka dan infeksi yang dideritanya.

      Seandanya janinnya mati,pengeluarannya tidak mesti dengan caesar- karena tergantung juga ukuran janinnya.

      Suka

  21. dok kucing sy td pagi melahirkan sktr jam 9 tp smp mlm pun sy tungguin gak kluar lg anakny cmn satuu …. tp perutny msh kenceng … klo mkn makan trs dok nyusuin anakny mau … manja bngt dengkurny keras mnta elus2 … ini udh ke 3 kaliny lahiran tp blm prnh smp.selama ini …. bahaya apa gak y dok?

    Suka

  22. Selamat malam dok, kucing saya melahirkan sekitar pukul 11.00 siang. Saat ini pkl 20.00 dia sudah melahirkan 2 anaknya dan kelihatan sehat, menyusui, dan sudah berjalan2 seperti biasa. Tetapi saya lihat perutnya masih sangat buncit, apakah mungkin dia mengalami interrupted labour? Saya perhatikan sih dia baik2 saja hanya saja perutnya masih ada sesuatu yg keras. Berapa jam kita harus observasi sampai kita memutuskan kalau dia harus dibawa ke dokter hewan?

    Suka

  23. Siang dok, updaateee!!! Kucingku lahiran lagi dgn normal dan sehat setelah 24 jam tepat pkl 11.00 siang dia lahiran lagi dengan selamat sentosa, dia lahir 2 ekor lagi. Jd total anaknya 4 ekor, alhamdulillaahhhh … Betul2 interrupted labour yaampun… Baru kali ini pengalaman mpus lahiran jarak 24 jam, bikin deg2an hahaha… Next, neuter/spay is a must!!! Hihi

    Suka

  24. Dok kucing sy hamil dan saya lg titipkan disodara saya dan disana ada kucing jantan dia tidak bisa akur selalu menggeram klo didekati kucing itu, yg mau sy tanyakan pengaruh ga sm kehamilannya? Apa tdk papa dicampur dg kucing lain? Dan takutnya dia stress dan sulit melahirkan

    Suka

  25. Dok kucing saya sedang birahi ,dan sempat saya ganti makanannya krn dia ogah2an makan lalu tbtb pup nya jd agak lembek, untuk mengembalikan pupnya agar padat normal lg bagaimana dok, dia jg selama birahi ogah2an makan td klo dikasih wetfood lahap

    Suka

    1. Sepertinya pergantian pakan mendadak itu yang menyebabkan kotorannya jadi lembek, sistem pencernaannya perlu waktu untuk penyesuaian. Menurut saya – kitoran lembek tapi mau makan lebih baik daripada tidak mau makan sama sekali.

      Kalau tidak direncanakkan untuk pembiakan – saran saya ,lebih baik kucingnya di steril saja.

      Suka

      1. Oh begitu ya dok, untuk mengembalikan pup nye ke normal gmn ya dok caranya? dan untuk saat ini saya hanya kasih makan wetfood krn dia cm lahap klo makan wetfood

        Suka

      2. nanti kalau sudah menyesuaikan diri pupnya akan normal lagi – namun jika dalam waktu 7 hari masih lembek terus – bawa ke dokter saja – mungkin ada gangguan di saluran pencernaannya

        Suka

  26. Dok maaf mengganggu sy mau bertanya ,kucing sy tiba2 muntah dan mencret tp makannya ttp lahap dan lincah sekali seperti biasa ,kemarin saya lihat dia habis main kecoak dan gigit kecoak apa bisa jadi krn itu ya dok? Klo dikasi guanistrep yg syrup bole ga dok?

    Suka

    1. Sepengetahuan saya, kecoa tidak lantas serta merta menyebabkan diare- ada sebab lain yang lebih mendasar (pergantian pakan,stress,infeksi,dll).

      Guanistrep (kaolin pektin) bisa dipakai sebagai pengobatan dasar pada kasus kasus diare namun jika diare terus berlanjut perlu pengobatan yang lebih mengarah ke penyebab utamanya.

      Suka

      1. Dok tolong saya, kucing sy pertama muntah cairan bening tp sedikit sekali hny setetes lalu diare tp cm pup sehari sekali makan nya ttp lancar tp malam ini kucing muntah hairball krn terdapat byk bulu tp kemudian dia jd tdk mau makan bagimana dok solusinya ,dokter hewan dkt rmh sy weekend libur sy sampai stress sy dok mohon bantuannya

        Suka

      2. Dia muntah untuk mengeluarkan hairball yang ada diperutnya – kalau sudah keluar mestinya sudah merasa lebih nyaman, kalau dia tidak mau makan – usahakan tetap ada cairan yang masuk supaya tidak dehidrasi.

        Suka

  27. Dok maaf saya mau tanya,, persia sya sedang hamil perkiraan umurnya 45hari,, tapi 3 hari ini dari kelaminnya mengalami pendarahan,apa itu keguguran ya dok?apakah anaknya msih bisa hidup? Terima kasih dok

    Suka

    1. Jika darah yang keluar berupa darah segar, tidak berbau dan hanya sedikit serta kucingnya masih nampak rileks – tidak perlu dikhawatirkan, diamati saja -mungkin perhitungan harinya kurang tepat dan ini sudah waktunya melahirkan.

      Jika cairan yang keluar berbau busuk, segera periksa ke dokter terdekat

      Suka

  28. Sore dok, saya mau tanya, kucing saya hamil untuk yg pertama kalinya, sudah 3 bulan dari masa pembuahan, namun kenapa dia tidak menunjukan ciri2 melahirkan ya dok? Sebelumnya dia memang kucing yang aktif, sehingga dalam kondisi perut besar bisa berlarian dan lompat. Saya takut kittennya mati di dalam, apakah mungkin dok? Terimakasih. Salam.

    Suka

    1. Selamat sore mbak Intan, kalau benar 3 bulan – itu artinya sudah lebih dari kehamilan normal, namun apabila kucingnya masih nampak rileks – seharusnya tidak ada masalah (mungkin salah hitung), kemungkinan mati di dalam tentu saja ada namun biasanya jika janinnya sudah besar akan membuat kucing nampak tidak seperti biasa.

      Suka

  29. Dok,, kucing saya melahirkan, masih ada anaknya yg kelihatan diperutnya tp tidak keluar2, sudah 24jam lewat dari lahiran pertama.. Perlu saya tunggu 3Hari atau saya bawa kedokter secepatnya,, trims

    Suka

    1. Jika kucingnya nampak depresi, tidak tenang dan tidak mau makan-sebaiknya segera dibawa ke dokter. Namun jika kucingnya nampak rileks, makan minum seperti biasa, mungkin bisa ditunggi dulu.

      Suka

  30. Dok. Kucing saya sdh melahirkan 5. Tapi perutnya msh besar dan ketika diraba kadang spt ada tulang rusuk atau benjolan. Tapi keadaanya dia baik, makan lahap,
    Dia melahirkan tgl 4 kmarin, skrg tgl 6. Sdh 3 hari.

    Bgaimana dok.. Tolong saya..

    Suka

  31. Salam kenal, Dok.

    Kucing saya baru melahirkan. Kelahiran pertama di jam 1.30 tadi pagi. Disusul kelahiran kedua jam 2.20. Pagi ini 8.30 saya raba perutnya seperti masih ada janin di dalam perutnya (keras dan bulat), lebih terasa saat induk kucing menggeliat kontraksi. Induk kucing nampak tenang, dua anaknya yang baru lahir juga sudah mau menyusu.

    Apa mungkin setelah nyaris 8 jam dari kelahiran pertama, masih ada janin di dalam perutnya? Berapa lama normalnya jarak kelahiran antar janin? Kalau mungkin masih ada, koq saya khawatir yang terakhir ini susah keluar ya?

    Suka

    1. Salam kenal juga,

      Pada prinsipnya sepanjang induknya nampak rileks dan mau makan – kemungkinan besar semua akan berjalan normal.

      Pada beberapa kasus saya menemui bisa sampai 24 jam jarak antara yang pertama dan terakhir

      Suka

  32. Hallo.. saya punya seekor kucing yang sudah saya pelihara sejak 5 tahun lalu..
    Dia betina, dan setiap hamil selalu saja gagal, entah itu keguguran, atau pun pasca melahirkan ia tdk bisa mengurus anak nya sehingga anak nya sering kali mati. Kadang berhasil keluar tp anak kucingnya tdk sempurna.

    Itu kenapa ya dok? Mohon jwbannya ya dok..

    Suka

  33. Kucing saya sepertinya mengalami salah satu nya ,tp saya kawatir krna ini sudah malam sekali, dan dokter jewan sudah tutup, apakah saya masih sempat membawanya ke dokter besok pagi ?

    Suka

  34. dok saya mau tanya. kemarin kucing saya baru melahirkan anaknya 3 (saya baru pertama kali punya kucing betina) tapi yg 2 saya gak ngerti lahirnya dok, saya cuma tau yg terakhir soalnya malem hari, yg terakhir pas subuh, tapi sekarang perutnya masih agak besar (tapi sebelum hamil emang perutnya besar sih, gendut si mpus hehe) dan ini tadi ada keluar darah dikit.. itu wajar kah dok? makan minumnya normal kok dan tadi subuh dia udah pup kayak biasanya.

    Suka

    1. Saya beberapa kali menjumpai kucing yang perutnya tetap besar walaupun telah melahirkan dan bahkan sampai hamil berikutnya, jika dia masih makan dan minum biasa – besar kemungkinan kucingnya baik baik saja 😊.

      Suka

  35. Selamat pagi, saya mau bertanya, kemarin sore kucing saya melahirkan 2 anak, yang satu dimakan, tapi perutnya masih buncit dan saya raba kemungkinan masih ada 2-3 anak lagi, saya tunggu sampai pagi ini belum ada yang keluar lagi anaknya, terkait kondisi seperti ini apa yang harus dilakukan, si induk ini masih mengejan tapi tidak keluar juga anaknya…terima kasih

    Suka

    1. Selamat pagi, biasa terjadi kelahiran dengan jeda yang cukup lama (bisa sampai 24 jam). Namun jika anak sudah keluar sebagian dan kemudian tertahan atau mengejan dalam waktunyang lama namun tidak segera keluar- segera hubungi dokter terdekat.

      Sang induk bisa dibantu dengan memberi minum supaya tidak dehidrasi.

      Suka

  36. Dok Kucing Saya melahirkan 2 anak kucing Keluar dengan mudah , namun anak ketiga Sungsang..

    apa yg harus saya lakukan ??
    induk kucing terlihat lemas, dan kecapek an

    apa ini masih Normal ??

    Suka

    1. walaupun sungsang masih bisa lahir normal, jika lemas – dibantu diberi minum.

      Apabila masih kesulitan juga, usahakan hubungi dokter namun jika tidak memungkinkan – bisa dibantu menarik anaknya dengan tangan yang bersih.

      Suka

  37. Dok… Kucing sy hamil sdh 2 bln lebih. Skrg dr vagina keluar cairan spt lendir campur darah. Apakah itu tanda”mau melahirkan dok. Cairan nya agk bau amis

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s