Mengobati Abses Pada Kucing

Abses adalah benjolan atau pembengkakan dibawah kulit yang menyebabkan rasa sakit. Pada kucing abses ini sering terjadi di sekitar kepala, kaki depan, ekor, atau sekitar pinggang.Luka tusuk karena gigitan kucing lain ketika berkelahi, tertusuk benda tajam seperti kawat dan sebagainya merupakan penyebab umum terjadinya abses pada kucing. Kucing jantan yang tidak dikebiri lebih sering terkena abses karena berkelahi dengan jantan lainnya.

cat fighting
Perkelahian antar kucing sering menjadi penyebab munculnya abses

Penyebab lain dari abses yang persisten (bertahan lama) adalah adanya benda asing di bawah kulit misalnya, adanya peluru senapan angin,patahan gigi kucing lain yang menggigit, serpihan kaca atau kawat yang tertinggal dibawah kulit. Benda benda ini merupakan sumber iritasi yang permanen dan menyebabkan infeksi dan akhirnya muncul nanah.

Setelah terjadi gigitan atau tusukan, abses memerlukan waktu beberapa hari untuk muncul, sebelum nampak adanya benjolan kucing akan nampak lesu, tidak nafsu makan, dan terkadang suhu badannya meninggi. Perlahan lahan daerah kulit yang terkena akan menjadi lunak, kulit menipis dan mulai muncul benjolan dengan warna yang berbeda dengan warna kulit disekitarnya. Pada area yang terkena terkadang rambut tampak menipis, namun yang paling sering adalah kulit menjadi lebih sensitif (apabila disentuh kucing akan bereaksi menolak).

Benjolan abses ini akan membesar dan ketika puncaknya tercapai, akan pecah serta mengeluarkan cairan nanah yang berwarna kekuningan dan berbau busuk. Pecahnya abses akan meredakan gejala namun kucing menjadi tampak kotor dan menjadi tidak nyaman.

Abses tidaklah berbahaya dalam pengertian tidak akan mengancam jiwa kucing penderita secara langsung, akan tetapi adanya abses perlu untuk diobati dengan benar akan kucing tidak merasa menderita dan tidak menyebabkan problem yang lebih besar (infeksi sekunder).

Tentu saja tindakan yang paling aman adalah membawa ke dokter hewan, akan tetapi apabila karena satu dan lain hal tidak memungkinkan dibawa ke dokter hewan maka beberapa tindakan berikut bisa dipakai sebagai acuan untuk melakukan pengobatan sendiri di rumah.

Pada prinsipnya abses perlu dirangsang untuk segera matang dan pecah, dan setelah abses pecah – kulit dihindarkan menutup sebelum infeksi yang ada di bawahnya diobati terlebih dahulu. Apabila menutup sebelum infeksi terobati, maka proses pengobatan harus diulang kembali.

Untuk mempercepat proses pematangan dan pecahnya abses bisa dilakukan dengan kompress areal yang membengkak dengan air hangat. Rendahlam kapas,kain kasa atau kain bersih ke dalam air hangat dan tempelkan ke daerah yang membengkak selama 5 – 10 menit sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

Setelah pecah dan nanah keluar maka luka perlu dibersihkan secara rutin 3 sampai 4 kali sehari dengan menggunakan larutan antiseptik, misalnya rivanol, larutan betadine atau bisa juga membuat sendiri larutan antiseptik dari daun sirih yang direndam air hangat, alternatif lainnya dengan membuat larutan garam dengan mencampur setengah sendok teh garam tanpa yodium dengan 500 ml air hangat.

Pemberian larutan antiseptik bisa dilakukan dengan menempelkan kain kasa yang sudah dibasahi larutan antiseptik atau dengan menyemprot menggunakan semprotan kebun. Tindakan ini biasanya dilakukan selama beberapa hari. Apabila kucing melawan ketika diobati maka hentikan terlebih dahulu tindakan ini (jangan dipaksa supaya kucing tidak stress), apabila kucing sudah lebih tenang ulangi lagi dengan lebih lembut sampai kucing menjadi terbiasa dan tidak melawan.

Apabila kucing terus melawan, biasanya bantuan satu orang lagi untuk memegang dan menenangkan kucing akan sangat berarti. Akan tetapi apabila terus menerus melawan dan tidak mungkin melakukan pengobatan sendiri atau pada keadaan dimana lukanya tidak kunjung sembuh maka jangan ragu untuk  minta bantuan dokter hewan.

Pada keadaan abses besar dan tidak kunjung pecah, dokter hewan mungkin akan melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan cairan nanah didalamnya dan juga memberikan pengobatan  antibiotik untuk mengobati infeksi. Pada keadaan kucing yang tidak bisa tenang atau terdapat benda asing didalam kulit kucing yang harus dikeluarkan, mungkin diperlukan pembiusan total dan kucing mungkin harus menginap di klinik selama beberapa hari.

catatan: 
foto milik Nathan Vaught dari flikcr.com/ CC BY ND 2

219 tanggapan untuk “Mengobati Abses Pada Kucing

  1. Selamat malam dok, maf saya mau tanya kucing saya di bagian samping leher ada benjolan, tapi dia masih mau makan dan aktif. Kira2 penyakit apa ya dok, terus berbahaya mengancam jiwanya tidak, dan apa solusi atau obat untuk menyembuhkan penyakitnya?
    Terima kasih Dok

    Suka

    1. Selamat malam Yontasia,

      Pada dasarnya selagi dia masih mau makan dan aktif-tidak perlu terlalu khawatir, bisa jadi itu pembengkakan kelenjar limfa karena adanya infeksi dan ini akan sembuh sendiri.

      Tanpa melihat langsung tentu tidak bisa menentukan perlu tidaknya diobati tentu tidak mudah, jadi saran saya bawalah ke dokter hewan terdekat.

      Semoga membantu

      Suka

  2. Dokter, Aris Baskoro…saya punya kucing masih kecil…dia terkena abses..nah dokter..makanan apa ya dok yang sekiranya pas buat si kucing…kasian dokk..lukanya sudah lebar banget….kebetulan saya kerja 12 jam full…jadi jarang ada waktu buat dia dokter…
    Makasihh banyakk…

    Suka

    1. @Dani

      Mengenai makanan, yang paling baik adalah apa yang dia mau makan dan mengenai luka kalau tidak bisa menangani sendiri bawalah ke dokter hewan terdekat, adapun solusi untuk tidak punya waktu buat kucing adalah : serahkan kucing tersebut kepada yang punya waktu untuk mengurusnya.

      Semoga membantu

      Suka

  3. Selamat malan dok,, boleh tanya dok..
    kucing saya masih kecil,,1 minggu yg lalu abses dan sudah pecah,, tp karena kucing saya sangat aktif jd luka ny kotor tp sudah mengering brsama kotoran nya,, dan skrg kucing saya terlihat lemas,, deman dan muntah.. kira2 luka nya infeksi y dok,,?? Cara pengobatan nya bagaimana ya dok,,?? Terima kasih

    Suka

    1. Selamat malam Kusuma,

      Hal yng bisa dilakukan Kusuma sendiri: bersihkan lukanya dengan kapas dan larutan antiseptik, bisa dengan rivanol,betadine yang dilarutkan air, dll ,juga bisa menggunakan rendaman daun sirih.

      Hal lain yang bisa dilakukan sendiri, memberi minum secukupnya sehingga tidak dehidrasi.

      Untuk muntah dan demam, bawalah ke dokter supaya diberi obat/resep.

      Suka

  4. Selamat pagi dok
    Dok kucing saya telapak kakinya bengkak sampai jari2 nya pula, Nerawal setelah bertengkar dengan kucing lain

    Solusinya gimna dok

    Suka

    1. @Ririn

      Jika memungkinkan bawalah ke dokter, namun jika belum memungkinkan bisa dicoba dirawat sendiri dirumah. Rendam kaki yang bengkan dengan larutan antiseptik , bisa menggunakan rivanol, betadine yang diencerkan dengan air hangat, dettol, dll , dan jika mau obat tradisional bisa pakai larutan daun sirih.

      Lakukan dua kali sehari lebih kurang 3 menit setiap perendaman.

      Semoga membantu

      Suka

  5. Dok selamat malam, saya mau tanya perihal diluar abses. kucing saya pada kelopak mata sebelah kiri mengalami pembengkakan sehingga seakan-akan susah untuk melihat. kemudian saya mencoba lihat di internet, alhasil saya menemukan penyakit kucing saya mirip dengan chlamydiosis. dok pertanyaan saya apakah penyakit tersebut dapat disembukan serta langkah penyembuhan terbaik apa yang sebaiknya saya lakukan ? terimakasih.

    Suka

    1. Selamat malam Idabagus

      Secara umum apa yang terjadi pada kucingnya Ida disebut conjunvtivitis (radang pada kelopak mata), penyebabnya bermacam macam dimana chlamidia adalah salah satunya,contoh penyebab lain yang sering misalnya virus herpes, adapun penyebab pastinya hanya bisa diketahui dengan pemeriksaan lab.

      Apakah bisa disembuhkan?
      Pada kebanyakan kasus, bisa

      Apa yang sebaiknya dilakukan?
      Informasi dari internet (termasuk dari blog saya ini) harus dianggap sebagai pelengkap dan bukan sebagai pengganti kunjungan ke dokter hewan. Karena itu,sebaiknya Ida bagus membawa kucingnya ke dokter hewan terdekat.

      Suka

    1. Hai Ltf
      Walaupun sebaiknya dihindari tapi menjilat rivanol tidak akan berakibat fatal, untuk mencegahnya bisa dipasang elizabeth collar pada leher kucing.

      Membersihkan (mengkompress) rivanol sebaiknya dilakukan setiap hari sampai lukanya membaik.

      Suka

  6. Sore dok saya mau tanya, kucing saya jalannya pincang, kata ttg saya td kelindes mbil kakinya. Tu cara pengobatannya gmna ya? Mksih dok

    Suka

    1. Hai Ulfa,

      Sayang sekali saya tidak punya saran selain – bawa dia ke dokter supaya diperiksa apakah bisa dirawat sendiri atau harus dirujuk ke klinik/ RS hewan dengan fasilitas yang lebih lengkap.

      Suka

    1. Selamat malam Eni

      Di daerah ketiak ada salah satu kelenjar limfa yang merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh dimana apabila terjadi infeksi disekitarnya maka kelenjar tersebut akan membesar. Kemungkinan ini yang terjadi pada kucingnya Eni.

      Suka

  7. Malam dok, kucing saya sempat ga pulang ke rumah 3 hari. Pulang2 di perut bawahnya ada benjolan, trus tiba2 sekarang jadi luka sprti bolong dan keluar air tanpa nanah/darah yang banyak. Dan sekarang lubang/lukanya malah bertambah dok dan sprtinya ada bagian yang akan bolong juga. Kucing saya galak banget dok kalo dibawa ke vet, agak trauma jadinya bawa dia ke vet. Itu kira2 bahaya ga ya fok? Soalnya masih doyan makan dan masih lincah dok

    Suka

    1. Selamat pagi April,

      Dari deskripsi yang diberikan April nampaknya tidak berbahaya- hanya perlu diobati lukanya. Bersihkan dengan don kompress lukanya dengan larutan antiseptik secara rutin ( sehari dua kali) serta oleskan salep untuk luka.

      Suka

  8. Malam dok,
    Kucing saya sepertinya berantem dengan kucing lain awalnya hanya ada bengkak merah tp ternyata setelah beberapa hari bengkak pecah dan mengeluarkan darah cukup banyak. Apakah itu nama nya abses dok ? Tindakaan apa yg harus dilakukan dok ?

    Terimakasih dok

    Suka

    1. Selamat pagi Nadya,

      Sepertinya iya itu abses,yang jelas sekarang kucingnya Nadya mempunyai luka terbuka. Jika kucingnya nampak lesu dan tidak mau makan minum – segeralah bawa ke dokter, namun jika kucingnya maaih nampak ceria dan beraktivitas spt biasa – cukup ditangani sendiri.

      Bersihkan lalu kompress luka yang ada dengan larutan antiseptik (setiap hari).Jika ada, bisa juga diolesi salep untuk luka yang dijual bebas di apotik.

      Semoga membantu

      Suka

  9. Mlm dok, maaf sy mau tanya dok tentang penyakit kucing sy yg lg menyusui anak umut 1bulan 2minggu…
    Pertanyaannya: kucing sy ada benjolang di payudara bagian blkng dkt selangkangan,, semakin hari semakin lebar dan besar (kira2 sebesar kepalan tangan anak unur 1th) kaya bisul badan demam dan gx mau makan tp minum msh mau,, baru tadi benjolan itu kluar nanah apakah itu asbes atw penyakit laen dok…??
    Adakah resep/obat cream atw salep yg bisa sy beli selain obat antiseptik…??
    Terimakasih dok….

    Suka

    1. Selamat malam Tyo,

      Kalau yang dimaksud Tyo adalah pembengkaan pada kelenjar susu maka itu biasa disebut sebagai mastitis,tentang mastitis pernah saya tulis disini.

      Karena demam, maka sebaiknya kucingnya dibawa kedokter namun jika belum memungkinkan bisa dilakukan tindakan dengan mengompress air hangat pada puting yang membengkak dan jika ada sumbatan pada puting tersebut – keluarkan pelan pelan dengan cara menekan atau memijitnya.

      Menurut saya, salep tidak efektif pada kasus seperti ini.

      Suka

  10. Selama malam Dok
    Saya mau tanya kucing saya sudah pecah nanah nya dan itu di jilatin terus sama kucing nya, apakah bahaya dan bagaimana cara penyembuhan nya? Soalnya kemarin habis berantem sama kucing kampung dan di cakar terus luka tapi tidak dalem dan belum saya bawah ke dokter

    Terimakasih dok

    Suka

    1. Selamat sore Atah, maaf baru reply

      Karena nanah itu kotor maka sebaiknya dihindarkan dijilati, caranya bisa dengan memasang E Collar yang bisa dibuat sendiri dari kertas yang agak tebal. Pengobatannya pada dasarnya adalah membersihkan lukanya dan menjaganya agar sedapat mungkin steril, bisa dilakukan dengan membersihkan dengan larutan antiseptik dan jika tersedia diberi salep luka.

      Akan tetapi jika kucingnya nampka lesu dan tidak mau makan maka harus dibawa ke dokter.

      Suka

  11. assalamalaikum dok… kucing saya sakit ga maw makan dah hampir seminggu, dan slalu batuk kering keras dok,, sempat muntah air dan darah bnyk bgt. lalu ku bawa ke dokter untuk disuntik… skrng kucing sy mengalami abses pada bagian tengkuk dan lengannya…seperti nya cairan infusnya menumpuk dan tidK mengalir… bagaimana solusinya dok. sy kasian sm kucing saya udah 2 hari seperti ini… kucingku slalu menjilati lengannya hingga robek… mohon solusinya dok…

    Suka

    1. Wa’alaikumussalam Meya

      Memang terkadang infus atau suntikan obat melalui bawah kulit menimbulkan efek samping seperti pada kucingnya Meya. Untuk benjolannya sendiri,kecuali berkembang jadi luka terbuka – cukup dikompres dengan kain yang dibasahi air hangat sehari dua kali, nanti akan mengempis sendiri.

      Jika sudah menjadi luka terbuka (robek), maka bersihkan dengan larutan antiseptik seperti Rivanol,Betadine yang diencerkan,Dettol,dll. Jika punya daun sirih, bisa juga dipakai.

      Setelah lukanya bersih, oleskan salep antibiotika (bisa dibeli di apotik, ada berbagai merek).

      Karena kucing cenderung menjilati lukanya, pasangkan collar pada lehernya. Collar bisa dibuat sendiri atau dibeli di petshop.

      Semoga membantu

      Suka

  12. Kak kucing saya mengalami hal seperti ini, sudah 4 hari tidak makan2 dan kondisinya lemas, bengkaknya sudah pecah dan berbau busuk. Gimana ya cara mengatasinya soalnya kondisinya lemas bgt, hanya berbaring aja, untuk pup dan pipisnya di tempat tidurnya

    Suka

    1. Karena kondisinya sudah 4 hari lemas dan tidak mau makan maka dia perlu mendapat terapi larutan (infus), bawa ke dokter terdekat. Setelah itu dokter akan mengobati absesnya ( kalau yang dimaksud pecah adalah abses yang pecah).

      Suka

  13. Dok kucing saya udh pecah abses nya itu kalo dikasih betadin lukanya nutup lg ga? Sama kucing nya masih ngerasain sakit ga? Apa perlu antibiotik dok? Makasih sebelumnya

    Suka

    1. Kalau lukanya tidak besar, cukup antibiotika topikal (dalam bentuk salep) – namun jika kucingnya sampai demam dan tidak mau makan maka perlu dibawa ke dokter supaya diberi pengobatan melalui mulut atau suntikan.

      Jika infeksi bisa dicegah maka lukanya akan menutup

      Suka

      1. Sebelum pecah gamau makan tapi pas udah pecah nafsu makan nya naik lg berarti cuma dikasih betadin aja ya dok? Tp nanti luka nya kering lg kan nutup lg?

        Suka

      2. jika lukanya tidak besar lebih kurang begitu, lebih tepatnya lukanya dibersihkan setiap hari pakai betadin yang diencerkan air atau bisa juga pakai rivanol – hal ini untuk mencegah infeksi

        Suka

      3. Iyah dok.. Satu lagi dok maaf itu betadin nya kalo d jilatin gmn? Takut nya keracunantutup pke kasa sm tensoplast jgn?

        Suka

      4. walaupun saya belum pernah lihat kucing keracunan betadine namun ini perlu dihindari dengan cara mengencerkan betadine dengan air atau lebih aman dengan rivanol. Selain itu bisa juga dipasang collar supaya tidah mudah menjilati

        Suka

    1. Nanah itu sisa jaringan dan sel darah putih akibat proses peradangan, biarkan keluar dan bersihkan dengan antiseptik (misal rivanol), kalau keluar darah berarti jaringan yang rusak sudah terkikis. Sebenarnya ini justru bagus karena setelah ini akan muncul jaringan baru. Akan tetapi jika kesulitan bawa saja ke dokter supaya mendapat penjelasan langsung cara menanganinya.

      Suka

  14. Terima kasih ya Doc. Penerangan daripada Pihak Tuan sangat membantu untuk saya faham keadaan kucing saya. Kucing saya mempunyai benjolan di bahagian belakang. Sudah saya bawa ke veterinar government di Ipoh, Perak. Vet ada memberikan saya ubat Prednisolone untuk dikonsumsi oleh kucing saya selama 15 hari (15 tablet kesemuanya). Mudah2an, kucing saya bisa cepat sembuh. Nama kucing saya Tam Tam. Terima kasih lagi sekali…

    Salam dari Malaysia.

    Suka

  15. Selamat malam dok, terimakasih atas info yang sudah diberikan, sangat membantu.
    Dok saya mau tanya, kucing saya dibagian punggung atas dekat leher ada benjolan, tapi ketika saya pegang di bagian benjolan itu dia tidak menolak/marah, dia juga tetap makan seperti biasa dan aktif seperti biasa.. kira-kira benjolan ini termasuk penyakit apa dok ? dan apakah berbahaya atau tidak dok ?

    Suka

    1. Selamat malam, jika benjolan itu munculnya belum lama ini – bisa jadi itu adalah abses. Kalau kucingnya nampak maaih rileks – kemungkinan besar tidak berbahaya, namun tidak ada salahnya diperiksa dokter secara langsung untuk memastikannya.

      Suka

  16. Malam dok, kucing saya masih 6 bulan usianya. seperti nya kucing saya terkena Abses. benjolan muncul diperutnya lumayan besar kemudian pecah terlihat daging2 benjolannya dan terjadi terus menerus berulang ulang. saya tdk yakin ada benda apapun di perutnya. klo di bawa ke dokter, kira2 berapa kena biayanya ya dok.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s