Susu Alternatif untuk Kucing Kecil

Pada umumnya kucing anakan memerlukan ASI (Air Susu Induk) sampai usia kurang lebih 8 minggu sebelum dia bisa menggantungkan pemasukan nutrisi dari makanan padat. Pada keadaan normal susu tambahan pada kucing anakan tidaklah diperlukan karena susu induk kucing sudah cukup untuk diberikan kepada anak anaknya.

Akan tetapi tentu saja ada keadaan dimana susu tambahan atau bahkan susu pengganti perlu diberikan untuk kucing anakan, misalnya ketika karena satu dan lain sebab sang induk tidak mau menyusui anaknya atau ketika si anak kucing kehilangan induknya. Pada keadaan seperti ini mutlak diperlukan susu pengganti, pertanyaan yang mungkin muncul adalah: susu pengganti seperti apakah yang sebaiknya diberikan pada kucing anakan?

Sebagai pengganti susu induk, pilihan pertama tentu saja adalah KMR atau Kitten Milk Replacer yang memang di formulasikan secara khusus sehingga bisa diterima sistem pencernaan kucing. Seperti diketahui kucing bukanlah pencerna laktosa sehingga laktosa bisa menyebabkan kucing diare, sayangnya kebanyakan susu yang beredar dipasaran adalah susu sapi yang mengandung laktosa.

Persoalan selanjutnya adalah: dimana kita bisa mendapatkan KMR ?. Bagi mereka yang tinggal dikota kecil seperti saya barangkali tidaklah mudah mendapatkan KMR di pet shop yang ada, walaupun barangkali banyak pet shop yang menjual produk dengan label “KMR” atau kadang diberi label “susu kucing” namun saya pribadi meragukan kualitasnya. Salah satu parameter yang saya gunakan untuk melihat kualitas sebuah produk adalah : harus jelas nama produsen, alamat serta harus ada nomor registrasi dari lembaga yang berwenang (untuk produk hewan dikeluarkan oleh Kementrian Pertanian).

Produk KMR yang bagus (jelas formulasinya dan jelas produsennya) sebenarnya bisa dibeli secara online sehingga orang daerah seperti saya sebenarnya bisa saja membelinya. Sayangnya produk seperti ini harganya relatif mahal, saya lihat beberapa toko online menjual dengan kisaran harga 400 ribuan untuk KMR sebanyak 400 gram, saya pikir ini bukan harga yang terjangkau untuk kebanyakan pemilik kucing.

Mahalnya produk KMR seperti ini membuat saya mencoba beberapa produk susu yang menurut saya bisa dijumpai dengan harga yang relatif terjangkau. Saya mencoba tiga macam produk, yaitu: produk yang diberi label susu kucing (tanpa keterangan formula, alamat produsen serta tanpa nomor registrasi), produk susu untuk anak anak ( sudah terdaftar pada BPOM) dan produk susu formula untuk bayi tanpa laktosa (sudah terdaftar pada BPOM).

Produk berlabel “susu kucing” saya pilih karena produk semacam ini banyak didapat di berbagai petshop. Produk susu anak dan susu bayi saya pakai karena mudah didapat dan jelas siapa produsennya dan punya nomor pendaftaran pada BPOM, kedua produk ini saya pikir tentunya mempunyai standart produksi yang jelas dan seharusnya mempunyai konsistensi kualitas yang lebih terjamin.

Pada pemberian produk berlabel “susu kucing” dan produk susu untuk anak anak, kucing anakan mau mengkonsumsinya namun kotorannya cenderung lembek dan bahkan encer. Sedangkan ketika saya berikan susu formula bayi non laktosa – kotorannya kembali padat dan tidak encer. Sehingga saya pikir susu formula bayi non laktosa lebih sesuai untuk diberikan sebagai pengganti air susu induk bilamana tidak mungkin mendapatkan produk KMR.

Susu formula bayi yang saya berikan adalah produk bermerk SGM bebas laktosa (LLM+) untuk bayi 0-12 bulan. Di pasaran mungkin ada juga produk serupa dengan merk lain namun saya belum mencobanya.

Apa yang saya tulis diatas bukanlah sebuah penelitian namun lebih berupa catatan ringan apa yang pernah saya kerjakan, jika anda punya pengalaman serupa silahkan tinggalkan komentar sehingga bisa menambah pengetahuan pembaca yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.